Bagaimana Pola Asuh Bayi 10 Bulan?

By | February 11, 2018

Pada usia ini bayi mulai ingin berjalan karena sudah memiliki tumpuan kaki yang cukup kuat. Karena itu tidaklah mengherankan banyak orang tua yang membelikan baby walker untuk membantunya berjalan kesana kemari. Panduan bayi menyarankan hal itu untuk dihindari karena ternyata penggunaan baby walker cukup berbahaya bagi bayi Bunda. Akan tetapi tidak semua bayi pada usia ini memiliki perkembangan yang sama apalagi jika bayi Bunda premature atau memiliki masalah lainnya seperti bayi Bunda sempat meminum air ketuban. Sehingga perkembangan bayi bergantung pada kondisi sang bayi itu sendiri sejak masih dalam kandungan hingga pada saat proses melahirkan. Jika tidak ada masalah yang serius maka biasanya bayi akan tumbuh dengan normal seperti pada umumnya.

Merawat Bayi Usia 10 Bulan

Memiliki bayi yang sudah berusia 10 bulan memang tidak bisa lepas dari pandangan. Sebab pada usia ini sang bayi sedang aktifnya bergerak kesana kemari dan mencoba berbagai hal baru seperti menaiki kursi, meja, tempat tidur bahkan jendela. Pada masa ini juga bayi akan mulai mengeluarkan kata-kata yang sering didengarnya seperti papa, mama dan kata lainnya. Dan perlu diketahui bahwa dalam panduan bayi pada usia ini juga sudah bisa mengekspresikan kekesalan atau kemarahan dan rasa gemas jika apa yang diinginkan tidak dicapainya. Seperti mainan yang cukup jauh dari jangkauannya bahkan akan merasa jengkel dan marah jika dilarang untuk naik ke meja.

Untuk itu untuk memberikan keamanan yang cukup baik mengingat bayi sudah mulai bereksplorasi dengan sekitarnya sehingga selalu bergerak kesana kemari. Bayi usia ini juga sudah memahami perkataan yang sering didengarnya sehingga selalu mengatakan hal-hal yang baik dan mengajaknya berbicara atau bernyanyi. Lakukan komunikasi sesering mungkin agar bayi memahami berbagai perkataan dan perintah yang Bunda berikan padanya. Panduan bayi yang mulai bergerak ke segala arah terkadang membuat orang tua menjadi khawatir akan keselamatannya. Karena orang tua tidak bisa lengah dalam mengasuhnya sehingga akan menyulitkan ibu yang juga harus membereskan rumah atau mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

Related posts: