Cara Modern Membuat Sablon Pada Kaos

By | April 4, 2018

Saat ini cara modern tentunya menggunakan cara digital yang semua serba angka dan klik, sebab semuanya serba komputerisasi. Hal ini memang sangat cocok dijalankan di jaman globalisasi dimana semuanya serba cepat dan serba digital. Begitu juga dengan konveksi seragam kerja menggunakan system komputerisasi setiap pesanan kaos atau kemeja yang datang. Sehingga gambar sablon yang dihasilkan lebih berkualitas dan tahan lama selain juga menggunakan bahan kaos yang berkualitas pula seperti katun dan drill. Dengan demikian hasil gambar akan lebih melekat dan tahan lama. Meskipun demikian tetap saja perawatan dari kaos tersebut juga harus diperhatikan sehingga semakin awet gambarnya melekat pada kaos tersebut.

Proses Pembuatan Sablon Menggunakan System Digital

Peralatan modern dalam membuat sablon terbaru adalah menggunakan printer DTG yang prosesnya menjadi semakin mudah dan simple sebab tidak memerlukan pemotongan pada transfer paper. Sebab printer tersebut secara otomatis mencetak gambar langsung pada medianya yaitu kaos atau kemeja yang akan di sablon dengan menggunakan tinta khusus untuk pakaian. Konveksi seragam kerja banyak yang menggunakan system ini untuk mempermudah dan mempercepat pengerjaannya. Sehingga konveksi tersebut dapat menerima pesanan lebih banyak lagi. Langkah pertama dalam membuat sablon pada kaos katun adalah dengan menyemprotkan kaos tersebut dengan menggunakan cairan khusus dan meratakannya menggunakan busa yang gunanya untuk menutupi pori-pori kaos.

Kemudian langkah kedua dengan mengepres kaos pada suhu 160 derajat selama 30 detik, lalu cetak gambar dengan menggunakan printer DTG tersebut dengan meletakkan kaos pada tatakan printer. Setelah proses cetak selesai kemudian semprotkan hasil sablon tersebut dengan cairan epoxy agar kaos menjadi awet dan tahan lama. Setelah itu Anda dapat mengepres kembali kaos dengan tekanan tinggi dan suhu yang sama yaitu 160 derajat selama 30 detik. Yang terpenting konveksi seragam kerja menyarankan dalam mencuci kaos bergambar sablon tidak perlu disikat sehingga tidak mudah rusak. Jangan lupa selalu menjemurnya dalam posisi terbalik yaitu yang diluar menjadi di dalam dan kaos bagian dalam menjadi di luar.

Related posts: