Dua Sisi Kecanggihan Teknologi

By | February 4, 2018

Tak bisa dipungkiri lagi, teknologi terus berkembang seiring dengan zaman yang kian berkembang pula. Makin hari, lingkungan disekitar kita akan dipenuhi oleh benda-benda atau alat-alat dengan teknologi yang canggih. Manusia pun akan ‘bersahabat’ dengan yang namanya teknologi canggih bahkan benda-benda tersebut menjadi barang yang tidak bisa terpisahkan dengan manusia. Sebut saja salah satu teknologi yang sangat dekat dengan para pekerja, laptop atau komputer jinjing. Dahulu, orang-orang menggunakan komputer yang besar dan berat untuk membantunya dalam menyelesaikan pekerjaan. Komputer tersebut tidak bisa dibawa kemana-mana karena bobotnya yang berat dan harus tersambung dengan aliran listrik. Akan tetapi, sekarang Anda sudah mengenal yang namanya laptop, sebuah benda yang memiliki fungsi seperti komputer dengan berbagai kelebihan lainnya. Salah satu kelebihan laptop ialah bobotnya yang ringan sehingga mudah dibawa kemana saja, dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Ya, Anda dapat meletakkan laptop dimana saja ketika Anda ingin menggunakannya. Termasuk diatas paha Anda (memangku laptop).

Sisi Gelap Laptop dalam Pangkuan

Bagi sebagian orang, memangku laptop merupakan posisi yang nyaman dan praktis dalam pengoprasian laptop tersebut. Anda bisa saja memangku laptop sambil bersender disofa, hingga tempat tidur. Akan tetapi, tahukah Anda, kebiasaan Anda memangku laptop tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan Anda? Laptop merupakan sebuah teknologi yang pengoprasiannya tetap menggunakan sebuah mesin. Mesin tersebut akan menghasilkan panas dan radiasi. Posisi laptop yang bersentuhan langsung dengan kulit Anda, akan menyebabkan kulit Anda menerima panas dan radiasi yang dipancarkan secara langsung dari laptop tersebut. Hal ini akan menyebabkan Anda menderita toasted skin syndrome, yaitu timbulnya bintik-bintik pada pigmen terluar kulit Anda, dan ini termasuk kedalam golongan luka bakar yang apabila diabaikan dapat menyebabkan kulit Anda menjadi gosong seperti terpanggang. Selain toasted skin syndrome, memangku laptop juga dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi Anda. Bagi pria, hal yang berbahaya dari pancaran radiasi dan panas laptop Anda ialah dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma yang Anda hasilkan. Sedangkan bagi wanita, radiasi tersebut dapat mengganggu kehamilan. Untuk kasus yang parah, panas dan radiasi laptop dapat menyebabkan kanker kulit pada tubuh Anda.

Kecanggihan teknologi merupakan hal yang harus Anda syukuri. Karena dengan memanfaatkan teknologi pekerjaan Anda akan terasa jauh lebih mudah. Akan tetapi, memanfaatkan teknologi bukan berarti mengabaikan hal-hal negatif yang dapat merugikan Anda. Karena seperti hukum alam, setiap hal didunia ini memiliki kebaikan dan keburukan, begitu juga dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, jadilah pengguna teknologi yang cerdas, yang dapat memanfaatkan kelebihan teknologi tersebut tanpa mengabaikan dampak negatifnya.

Related posts: