Jenis Cat Sablon Yang Sering Digunakan

By | May 4, 2018

Trend fashion kaos sablon memang sepertinya akan selalu menjadi kesukaan masyarakat. Kaos sablon dengan desain yang keren dan kekinian akan sangat menarik untuk dipakai. Selain itu, desain unik yang ada pada kaos sablon dapat menunjukkan kelompok atau komunitas tertentu. Trend fashion baju identitas bukan merupakan hal baru lagi di dunia fashion. Namun, sangat disayangkan ada beberapa sablon yang desain sablonnya mudah sekali rusak, pecah dan rontok. Hal tersebut tentu akan mengurangi tampilan dari kaos.

Mengatasi Sablon Rusak

Desain sablon pada kaos memang terkadang sangat cepat mengalami keretakan, pecah bahkan rontok. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka keunikan pada kaos akan berkurang. Hal tersebut dapat disebabkan oleh proses pencucian yang kurang tepat. Selain itu, penggunaan cat sablon yang kualitasnya kurang bagus juga dapat menjadi penyebab mudah rusaknya desain sablon. Untuk menghindari hal tersebut, sebagai konsumen yang cerdas ada baiknya jika kita mengetahui jenis cat sablon yang biasa digunakan untuk menyablon kaos.

Jenis Cat Sablon Kaos

Dalam proses penyablonan, konsumen biasanya memiliki beberapa jenis cat sablon yang berbeda. Cat yang akan digunakan nantinya disesuaikan dengan permintaan kualitas dan harga dari konsumen. Dari banyaknya jenis cat sablon yang digunakan, ada dua jenis cat yang paling sering digunakan oleh produsen.

  1. Cat Plastisol

Cat plastisol termasuk ke dalam jenis cat minyak yang memiliki kualitas sangat bagus. Harga yang dipatok untuk cat ini juga terbilang sangat mahal. Namun, jenis cat ini banyak disukai para pencinta kaos sablon karena daya rekat dan hasilnya yang memuaskan. Cat ini hanya akan menempel pada kain jika dipanaskan dalam suhu yang sangat tinggi. Oleh karena itulah, kaos sablon yang menggunakan cat plastisol tidak boleh di setrika secara langsung karena akan merusak sablon.

  1. Cat Rubber

Sama seperti namanya, cat rubber berasal dari bahan utama karet yang kuat dan lentur. Jenis cat ini biasanya dijadikan dasar kain berwarna gelap. Penggunaan cat rubber tidak membutuhkan alat khusus. Selain itu, cat ini tidak perlu dipanaskan untuk dapat ditempelkan pada kain. Pada Bikinjaketkaos.com menyediakan sablon kaos dengan menggunakan cat rubber yang dipatok harga murah.

Related posts: