Ketahuilah Jenis-Jenis Paving Block Sebelum Membeli

By | March 25, 2018

Paving block merupakan beton non struktural yang sering dijumpai pada jalan, pelataran, trotoar, taman, dan lain sebagainya. Batu beton ini terbuat dari campuran air, pengisi paving, dan juga semen portlan. Mungkin masih ada beberapa orang yang mengira bahwa batu beton hanya memiliki satu jenis. Namun, kenyataannya ada berbagai jenis batu beton yang bisa dijumpai. Untuk dari segi ukuran, batu beton terbagi menjadi dua jenis. Batu beton dengan ketebalan 6 cm dan batu beton dengan ketebalan 8 cm merupakan dua jenis batu beton berdasarkan ukuran. Dengan perbedaan ini juga memiliki perbedaan harga. Selain itu, ada pula batu beton yang memiliki berbagai jenis berdasarkan bentuknya.

Berbagai Jenis Paving Block Menurut Bentuknya

Mungkin sebagian dari Anda masih merasa bahwa paving block hanya memiliki satu jenis dan satu bentuk. Ternyata batu beton memiliki berbagai jenis ukuran dan ketebalan. Mungkin kebanyakan yang digunakan hanya salah satu dari beberapa jenis batu beton. Agar Anda tidak salah memilih, berikut adalah berbagai jenis batu beton berdasarkan bentuknya:

  • Tipe Exagon

Untuk jenis batu beton yang pertama adalah tipe exagon. Tipe ini memiliki dua jenis, yakni exagon segi enam dan exagon segi delapan. Untuk jenis segi enam, biasanya akan lebih berwarna dibandingkan dengan segi delapan.

 

  • Tipe Bata

Tipe bata ini adalah tipe batu bata yang sering ditemukan dan paling banyak digunakan oleh para kontraktor. Dengan bentuknya yang sederhana, jenis batu bata ini juga memiliki harga yang lebih murah.

 

  • Tipe Topi Uskup

Sebenarnya batu bata tipe topi uskup ini hanya digunakan untuk mengunci batu bata jenis bata. Tipe ini digunakan untuk memperkuat pertahanan batu bata yang terpasang. Pemakaiannya pun tidak terlalu banyak, yakni hanya pada sudut-sudut tertentu.

 

  • Tipe Trihek

Bagi Anda yang menginginkan batu bata berpola, maka tipe trihek menjadi sebuah pilihan yang tepat.

 

  • Tipe Cacing

Selain tipe bata, paving block tipe cacing juga paling banyak ditemukan. Dengan pemasangan yang mudah tanpa memerlukan tipe batu bata lainnya, tipe ini menjadi pilihan termudah.

Related posts: