Mengamankan Akun Dari Pembajakan

By | May 10, 2018

Sosial media adalah ruang tak terbatas yang dapat dimasuki oleh siapa pun. Wadah besar ini memang menawarkan banyak sekali sisi positif untuk penggunanya selama mereka menggunakannya dengan baik. Sebaliknya, sosial media hanya akan menjadi media untuk melakukan kejahatan bagi orang-orang yang menggunakannya dengan seenaknya sendiri. Sudah ada banyak kejahatan yang dilakukan oleh pengguna sosial media. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus menggunakan pengamanan ekstra pada akun sosial media yang kita miliki.

Melindungi Akun Sosial Media

Saat ini, tak butuh hacker jenius hanya untuk melakukan peretasan pada akun sosial media seseorang. Ada banyak tips cara meretas  akun sosial media orang lain di internet yang bisa diakses oleh siapa pun. Informasi demikian mungkin saja akan bermanfaat jika orang menggunakannya bukan untuk melakukan kejahatan. Sayangnya, lebih banyak orang yang menggunakannya untuk melakukan hal buruk pada akun sosial media orang lain. Berikut beberapa untuk melindungi akun sosial media kita dari pembajakan.

  1. Keamanan Ganda

Pada setiap akun email memiliki fitur Verifikasi Dua Langkah yang dapat kita gunakan untuk memberikan pengamanan lebih pada email kita. Seperti yang kita tahu bahwa setiap media sosial pasti membutuhkan email untuk log in. Jika email kita terlindungi, akun kita juga pasti akan terlindungi. Pada verifikasi dua langkah ini, setiap kali kita akan melakukan log in email, kode konfirmasi akan dikirimkan melalui SMS. Kode verifikasi tersebut akan dibutuhkan ketika melakukan log in pada sosial media.

  1. Berhati-hati dalam menggunakan perangkat

Jika kita membuka akun sosial media pada perangkat umum seperti di computer perpus, warnet, ataupun computer teman kita, pastikan untuk melakukan log out dengan benar. Log out yang tidak benar akan memudahkan orang lain dalam mengakses media sosial yang kita miliki.

  1. Sering mengganti password

Dengan sering mengganti password akun sosial media, akan memperkecil kemungkinan pembajakan yang terjadi.

Menurut situs caramengetahui88.blogspot.com menyebutkan bahwa password seperti tanggal lahir akan sangat mudah untuk dibajak. Begitu pula password yang tidak diganti secara berkala. Oleh karena itu, lebih baik mengganti password secara berkala untuk menghindari pembajakan.

Related posts: