Mengenal Kelebihan Dan Kelemahan Lantai Kayu Parket

By | February 18, 2018

Salah satu cara membuat penampilan rumah semakin indah adalah dengan memilih jenis lantai yang tepat. Nah, jenis lantai sendiri cukup banyak jumlahnya. Selain lantai keramik dan lantai vinyl, kini masyarakat juga bisa menikmati keindahan lantai kayu parket. Ya, penggunaan lantai kayu parket memang akan memberikan kesan tersendiri bagi pemilik rumah. Selain memiliki kualitas yang paling bagus dibandingkan dengan jenis lantai lainnya, harga jual lantai kayu parket juga cukup tinggi. Meskipun dipatok dengan harga yang cukup tinggi, namun jumlah masyarakat yang menggunakan lantai kayu parket justru semakin banyak. Hal ini disebabkan karena lantai kayu parket memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan tersebut?

Ini Dia, Kelebihan Yang Ditawarkan Oleh Lantai Kayu Parket

  • Membuat penampilan rumah lebih elegan dan naturalis.
  • Sangat fleksibel untuk jenis gaya rumah apapun.
  • Memiliki daya tahan yang sangat kuat, bahkan bisa awet hingga 20 tahun.
  • Bisa menjadi investasi jangka panjang, karena nilai jual sebuah bangunan yang menggunakan lantai kayu parket cukup tinggi. Harga jual lantai kayu tentu akan semakin tinggi setiap tahunnya.
  • Proses perawatannya sangat mudah dilakukan. Pemilik rumah hanya perlu membersihkan lantai menggunakan penyedot debu dan sapu yang memiliki bulu halus.
  • Memberikan efek yang baik untuk kesehatan karena lantai kayu parket dapat menyerap panas untuk sementara waktu. Saat cuaca sedang dingin, maka lantai akan tetap terasa hangat sehingga memberikan kenyamanan kepada penghuni rumah.

Wah, kelebihan yang ditawarkan sangat banyak bukan? Sayangnya, lantai kayu parket juga memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya adalah:

  • Cukup rentan terhadap goresan, sehingga penampilan permukaan lantai kayu sering menjadi kurang cantik karena terdapat banyak goresan.
  • Kurang tahan terhadap cuaca yang cukup ekstrem, terutama terhadap terik matahari. Oleh karena itu, pemilik rumah harus melakukan pengecatan ulang minimal setiap 3 bulan sekali.
  • Tidak tahan terhadap tingkat kelembapan yang tinggi. Jika berada pada lingkungan yang sangat lembap, maka lantai kayu parket akan lebih mudah lapuk.

Demikian sedikit informasi mengenai aneka kelebihan dan kekurangan lantai kayu parket. Meskipun memiliki beberapa kekurangan dan harga jual lantai kayu parket cukup mahal, namun ternyata masih banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan lantai kayu. Bagaimana dengan Anda?

Related posts: