Mengenal Penyebab Dan Gejala Penyakit Sipilis!

By | February 24, 2018

Salah satu jenis penyakit kelamin yang umum dikenal oleh masyarakat adalah penyakit sipilis atau raja singa. Oleh karena itu, kita mengenal ada beberapa jenis obat sipilis ampuh yang beredar di pasaran. Penyakit sipilis sendiri merupakan sejenis penyakit yang menyerang kelamin pria atau wanita dan disebabkan karena infeksi bakteri jenis Spirochaeta pallida atau sekarang disebut dengan bakteri Treponema pallidum. Jenis bakteri ini mempunyai bentuk yang spiral serta berwarna putih, dan cepat mati saat berada di luar dari tubuh manusia.

Penyebab Penyakit Sipilis

Sebagian besar penyakit sipilis disebabkan karena penularan melalui hubungan seksual. Meskipun sangat jarang ditemukan, namun bakteri Treponema pallidum ternyata juga bisa menular melalui sentuhan orang yang terkena infeksi Sipilis. Bakteri tersebut akan melewati celah atau luka pada kulit setelah bersentuhan dengan orang yang terkena penyakit sipilis, sehingga menyebabkan penularan penyakit sipilis.

Gejala Penyakit Sipilis

Meskipun menjadi salah satu penyakit kelamin yang cukup berbahaya, namun banyak penderita sipilis yang tidak menyadari keberadaan penyakit tersebut dalam tubuh mereka. Hal ini menyebabkan pemberian obat sipilis ampuh tidak dilakukan sedini mungkin. Gejala pertama dari penyakit sipilis dapat muncul sekitar tiga minggu setelah bakteri menginfeksi tubuh. Infeksi sipilis sendiri dibagi menjadi tiga tahap utama, yaitu:

  1. Sipilis Primer

Tahap ini ditandai dengan timbulnya lesi atau luka pada alat kelamin dan di sekitar mulut. Luka yang berbentuk seperti gigitan serangga ini dapat bertahan 1-2 bulan hingga akhirnya hilang dan tidak meninggalkan bekas.

  1. Sipilis Sekunder

Penderita akan mulai mengalami ruam merah yang berukuran seperti koin dan muncul di telapak tangan dan telapak kaki. Selain itu, penderita juga akan mengalami demam, tidak nafsu makan, dan muncul kutil kelamin.

  1. Sipilis Laten

Setelah melalui tahap sipilis sekunder, penyakit ini seakan-akan menghilang dan tidak menimbulkan gejala apa pun selama sekitar dua tahun. Selanjutnya, sipilis akan memasuki tahap paling berbahaya yaitu tahap sipilis tersier.

Saat penderita tidak mengonsumsi obat sipilis ampuh, maka penyakit ini akan berkembang pada tahap akhir, yaitu sipilis tersier. Tahap akhir penyakit sipilis memberikan efek yang sangat serius pada tubuh. Jika tidak segera ditangani, maka penderita dapat mengalami kebutaan, kelumpuhan, demensia, impotensi, masalah pendengaran, bahkan mengalami kematian.

Related posts: