Tips Mengembangkan Usaha Bersama Teman

By | January 24, 2018

Dewasa ini, banyak orang yang merasa bahwa pendapatan utama mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentu saja, dengan harga bahan makanan dan kebutuhan pokok yang meningkat sekaligus dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat, diperlukan inisiatif untuk mengembangkan usaha yang sangat cocok bagi Anda dan keluarga. Namun, rasanya menjalankan usaha sendiri tentu cukup berat. Mungkin akan sangat menyenangkan jika Anda bisa menjalankan usaha bersama sahabat Anda. Eits, walaupun menyenangkan, ada beberapa tips sehingga Anda tetap nyaman menjalankan usaha dengan sahabat Anda. Apakah Anda tertarik?

Tips Cerdas Bekerjasama dengan Sahabat

Menjadi sahabat mungkin adalah sesuatu yang mudah, apalagi Anda sudah menjadi sahabat selama bertahun-tahun. Namun, menjalankan usaha dengan sahabat Anda tentu rasanya tidak akan semudah itu dijalani. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yang mendasar sehingga usaha Anda dan sahabat tetap lancar.

  1. Sebagai sahabat, Anda pasti sudah tahu bagaimana watak dari sahabat tersebut. Maka, sebelum menentukan siapa yang akan Anda ajak membuka usaha Anda sebaiknya mempertimbangkan apakah ia memang menjadi seseorang yang cocok untuk memulai usaha dari nol. Lebih baik Anda tidak mengajak seseorang daripada nantinya usaha Anda kacau.
  2. Jika sudah oke dengan kondisi dan watak sahabat, maka Anda pun wajib membagi tugas. Apakah Anda dan sahabat akan menjalankan kewajiban yang sama? Ataukah Anda akan menjalankan kewajiban yang berbeda-beda sesuai dengan bakat dan latar belakang akademik masing-masing? Silakan Anda tentukan bersama rekan.
  3. Menyatukan dua individu yang berbeda, walaupun telah bersahabat bertahun-tahun, bukanlah hal yang mudah. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal untuk membuat bisnis Anda lancar. Salah satu caranya adalah dengan membuat perjanjian di awal untuk tidak saling sakit hati jika dikritik. Ini penting, lho!

Semua usaha akan menjadi mudah jika dijalankan dengan sahabat. Namun, Anda pun wajib mempertimbangkan plus-minus bekerja bersama sahabat. Jangan sampai Anda malah merasa terkekang dan merasa tak enak hati karena hubungan persahabatan Anda di dalam dunia bisnis!

Related posts: