Upaya Memulihkan Tekanan Darah Rendah

By | February 23, 2018

Tekanan darah rendah merupakan suatu masalah yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Tekanan darah rendah atau yang sering kita kenal dengan istilah hipotensi merupakan suatu gangguan dimana tekanan darah kita berada di bawah angka 90/60 mmHg. Tekanan darah rendah dapat menimbulkan gejala berupa pusing hingga pingsan. Tekanan darah rendah memerlukan penanganan yang tepat dan cepat agar tidak berakibat yang lebih serius. Tekanan darah yang rendah tentu akan menghambat proses pengangkutan oksigen dalam tubuh. Biasanya, tekanan darah rendah dapat diakibatkan oleh beberapa hak, diantaranya yaitu:

– Denyut jantung yang melemah. Denyut jantung yang lemah tentu akan membuat aliran darah dan pengangkutan oksigen ke tubuh Anda menjadi semakin lambat. Hal ini tentu akan membuat gangguan pada tubuh Anda.

– Dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan juga dapat menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi terganggu.

– Efek dari konsumsi obat-obatan tertentu. Obat-obatan terkadang memberikan efek samping berupa hipotensi. Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam mengonsumsi obat-obatan.

– kinerja otot jantung yang melemah.

Jika Anda sedang mengalami tekanan darah yang lemah, tentu Anda harus menanganinya dengan tepat agar gangguan tersebut tidak berakibat serius.

Penanganan Tekanan Darah Rendah

Jika Anda sedang mengalami darah rendah, alangkah baiknya jika Anda beristirahat sejenak untuk memulihkan tekanan darah Anda. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips dan trik mengatasi masalah darah tinggi.

– Mengonsumsi makanan seperti daging-daging. Daging seperti daging kambing dan daging  dapat membantu Anda untuk menaikkan tekanan darah Anda kembali.

– Memperbanyak konsumsi air mineral. Pastikan tubuh Anda mengonsumsi air mineral sebanyak kurang lebih 8 gelas atau setara dengan 2,5 liter.

– Mengonsumsi makanan yang bergaram dapat memulihkan tekanan darah Anda. Namun Anda jangan sampai lupa bahwa konsumsi makanan bergaram berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya gangguan lain. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan bergaram sewajarnya saja.

– Melakukan latihan untuk tubuh agar aliran darah kembali normal.

– Beristirahatlah jika Anda sudah merasa pusing dan lemas dengan cara berbaring atau duduk. Sebaiknya Anda hentikan sejenak aktivitas Anda jika sudah merasakan gejala tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah dapat menghantui siapa saja, baik usia muda maupun usia tua. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda senantiasa menjaga kesehatan Anda. Hal ini sesuai. Dengan semboyan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Related posts: